by

2 Cara Sembunyikan Aplikasi di Realme

HP Realme memiliki kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari penggunaan aplikasi yang berlebihan, terutama pada anak-anak. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara sembunyikan aplikasi di realme bisa menyimaknya pada penjelasan berikut ini.

Terlebih dahulu, atur sandi privasi pada ponsel dengan cara masuk pada Menu Pengaturan, kemudian pilih Sidik Jari, Wajah dan Sandi. Setelah itu, pilihlah menu Atur Kata Sandi Privasi. Anda sudah memiliki kata sandi sebagai tahap awal.

Sembunyikan Aplikasi Lewat Fitur Kunci Aplikasi (App Lock)

Untuk menyembunyikan aplikasi lewat fitur kunci aplikasi, Anda bisa menyimak langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, Anda pergi ke menu Pengaturan yang ada pada ponsel Realme Anda. Baik pada penggunaan Realme UI ataupun ColorOS memiliki cara yang sama.
  • Selanjutnya adalah masuk pada menu Keamanan. Menu ini dimaksudkan untuk mengatur keamanan pada ponsel, salah satunya dengan menyembunyikan aplikasi.
  • Setelah itu, akan ada beberapa fitur pilihan yang tampak pada layar ponsel. Anda pilih fitur Kunci Aplikasi. Sebelumnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi terlebih dahulu pada fitur ini. Ketikkan kata sandi yang telah Anda buat.
  • Kemudian layar akan menampilkan beberapa aplikasi yang sudah terpasang pada ponsel Realme. Anda hanya perlu memilih aplikasi mana saja yang akan Anda sembunyikan. Anda bisa memilihnya dengan mengklik kotak ikon kosong berwarna putih yang terletak pada bagian kanan daftar aplikasi. Nanti akan muncul tanda centang setelah Anda mengklik kotak putih tersebut.
  • Selanjutnya, Anda klik tombol kunci yang berada pada bagian bawah layar ponsel. Akan muncu pop-up keamanan, baik menggunakan sidik jari ataupun pengenalan wajah, pilih Gunakan.

Sembunyikan aplikasi dengan nomor akses

Pada tampilan layar depan, biasanya akan terdapat aplikasi berupa ikon yang mana akan memudahkan kita menggunakannya. Ikon aplikasi tersebut biasanya adalah aplikasi yang paling sering digunakan, sehingga letaknya pada halaman depan.

Jika Anda hendak menyembunyikan aplikasi ini, cara menyembunyikan file aplikasi di HP Realme ini cukup mudah, yaitu bisa menggunakan pengaturan nomor akses. Anda bisa menyimak tahap-tahapnya berikut ini.

  • Anda perlu masuk pada menu Kunci Aplikasi. Aplikasi yang dikunci akan memiliki tanda gembok pada bagian kanan samping. Aktifkan pilihan Sembunyikan Ikon Layar Depan supaya aplikasi tidak terlihat pada bagian beranda. Sementara jika Anda hendak mengaktifkannya, Anda bisa menyentuh ke arah kanan hingga latar belakang warna berubah hijau. Tanda hijau ini menandakan bahwa pilihan aplikasi sedang diaktifkan.
  • Setelah Anda mengaktifkan pilihan sembunyikan ikon pada layar depan, nanti akan muncul pop-up dengan pilihan menggunakan nomor akses atau tidak. Anda bisa memilih mengaktifkan nomor akses dengan memilih Tetapkan nomor akses pada ponsel.
  • Kemudian, layar akan menunjukkan pilihan dial pad dimana Anda akan mengetikkan nnomor akses sesuai dengan kehendak. Pilih yang Anda sendiri mudah menghafalnya. Anda perlu menambahkan tanda # pada bagian awal dan akhir nomor akses. Minimal nomor akses adalah satu angka, dan maksimalnya adalah 16 angka, sebagai contoh #010203#. Setelahnya, Anda bisa memilih tulisan Selesai untuk menyimpan nomor akses tersebut.

Demikian dua cara sembunyikan aplikasi di realme yang bisa membantu Anda menyembunyikan aplikasi pada ponsel Realme Anda. Manfaatkan fitur tersebut untuk membantu menjaga privasi dan membantu anak-anak untuk menghindari penggunaan aplikasi ponsel secara berlebih.

Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda yang kesulitan menyembunyikan aplikasi pada ponsel Realme.

Sumber: oppotutorial

News Feed