by

5 Destinasi Artsy Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Anda berencana ingin menghabiskan liburan bersama teman dan keluarga? Pilihan tepatnya ya paket wisata Jogja di 5 destinasi artsy Jogja. Di sana ada banyak lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ingin tahu apa saja destinasi wisata menarik tersebut? Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Mengunjungi 5 Destinasi Artsy Jogja Lebih Mudah dengan Paket Wisata Jogja

Seperti yang Kita ketahui bahwa Jogja merupakan salah satu kota dengan seribu destinasi wisata. Untuk itu, paling tidak Anda mengenal beberapa wisata agar bisa mendapatkan pengalaman berlibur di Jogja yang menyenangkan. Lantas mana saja destinasi wisata yang bisa dikunjungi? Berikut beberapa diantaranya:

Siapa yang belum mengenal Keraton Yogyakarta? Keraton ini didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I di tahun 1755. Kemudian pada tahun 1995 tempat ini sempat diajukan ke UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

Untuk lokasinya sendiri, Keraton Yogyakarta ini bisa dibilang cukup sangat strategis pasalnya berdekatan dengan beberapa wisata yang lain. Seperti Malioboro, Benteng Vredeburg, Alun-alun Kidul, dan Taman Sari. Untuk mengunjungi beberapa wisata tersebut Anda cukup menggunakan andong ataupun becak.

Lantas ada apa saja di dalam keraton? Di dalam Keraton Yogyakarta Anda bisa melihat berbagai interior bangunan yang sangat artsy. Jadi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang suka berfoto ria.

  • Kraton Ratu Boko

Merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah jadikan sebagai lokasi syuting “Ada Apa dengan Cinta 2”. Saat  memasuki wisata ini Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.40.000 saja dan biaya parkir sebesar Rp3.000.

  • Museum Affandi

Merupakan pusatnya karya seni dan lukisan. Lokasi ini berada di Jalan Jl. Laksda Adi Sucipto, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika Anda mampir ke sini maka akan disuguhkan dengan berbagai lukisan ekspresionis dan romantisme yang diciptakan oleh sang maestro.

Sesuai namanya, Museum Affandi didirikan oleh Affandi pada tahun 1974. Lokasinya sendiri berada di sebuah lahan dengan luas 3.500 meter persegi dengan jumlah 300 karya seni di dalamnya.

Untuk memasukinya, Anda perlu membayar senilai Rp50.000. Biaya ini sudah termasuk dengan souvenir pouch yang memiliki gambar Affandi. Terdapat pula kupon minuman yang bisa ditukar dengan senang hati di kantin nantinya.

  • Situs Warungboto

Wisata ini berlokasi di Desa Warungboto, Kecamatan Kotagede. Jika berangkat dari pusat kota maka butuh sekitar 15 menit perjalanan. Tempat ini biasanya juga disebut dengan Pesanggrahan Rejowinangun yang didirikan pada tahun 1785 oleh pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I kemudian dilanjutkan oleh Sultan Hamengkubuwono II pada 1785.

Adapun tempat ini dahulunya digunakan sebagai rumah istirahat keluarga kerajaan. Di dalamnya pun Anda masih bisa menemukan beberapa spot seperti pemandian terbuka, kolam, dan juga taman.

Untuk memasuki wisata ini pun tidak ada biayanya alias gratis. Namun setiap kendaraan hanya perlu membayar Rp3.000 saja.

  • Studio Alam Gamplong

Terakhir wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Studio Alam Gamplong. Lokasi ini berada di Desa Gamplong, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Lokasi ini didirikan pada tahun 2017 akhir oleh Moeryati Soedibyo dengan luas 2 hektar.

Lokasi ini menawarkan sebuah konstruksi bangunan yang sangat identik dengan zaman Belanda. Untuk masuknya sendiri tidak ada biaya yang perlu dibayar. Hanya saja Anda diminta untuk memberikan sumbangan seikhlasnya yang nantinya akan digunakan untuk biaya perawatan dan pemeliharaan.

Jadi wisata mana yang akan Anda jadikan pilihan? Jika Anda berkunjung ke Jogjakarta pastikan untuk mengunjungi beberapa destinasi di atas.

News Feed