by

Begini Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat

Susah tidur merupakan salah satu hal yang banyak dialami oleh seseorang. Seperti bagi yang sedang sibuk mengerjakan revisi skripsi, lembur karena pekerjaan, atau bahkan juga yang suka streaming film dan drama sehingga suka lupa waktu dan membuat jam tidur berkurang. Apabila sudah terbiasa tidak tidur di jam-jam tidur yang normal, hal tersebut juga akan mempengaruhi pola tidur yang dipunyai dan akan mempunyai tidur yang tidak berkualitas. Hal tersebut dalam jangka panjang akan dapat membuat masalah kesehatan baik fisik maupun mental. Oleh karena itulah sebaiknya cari cara mengatasi susah tidur  untuk dapat mempunyai jam tidur dan tidur yang berkualitas. Beberapa cara yang dapat digunakan tersebut misalnya:

  • Tidur dan bangun di waktu yang sama

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur jam tidur dan juga bangun di waktu yang sama setiap harinya. Sehingga apabila sudah terbiasa juga akan membuat Anda mempunyai jadwal tidur alami yang membuat tubuh merasa mengantuk ketika jam tidur sudah tiba. Usahakan untuk mengatur jam tidur yang sama bahkan juga di hari libur. Dengan waktu tidur yang konsisten tersebut akan membuat lebih mudah tidur dan terhindar dari susah tidur. Pastikan untuk mempunyai jam tidur yang cukup yaitu 7-9 jam per harinya sesuai kebutuhan.

  • Suasana kamar yang nyaman

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengatur suasana kamar senyaman mungkin yang dapat membuat lebih mudah tidur. Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk tidur di kamar, sehingga jangan segan untuk membuat investasi dan menata tampilan kamar sesuai dengan keinginan. Seperti dengan menggunakan kasur yang empuk, bantal yang nyaman, dan juga lainnya. Pastikan juga untuk menggunakan penerangan yang redup ketika akan tidur yang dapat membuat lebih mudah untuk mengantuk. Selain itu pastikan untuk mengatur suhu kamar agar sejuk yang akan membuat nyaman ketika sudah terlelap.

  • Hindari tidur siang

Cara lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi susah tidur adalah dengan menghindari tidur siang. Biasanya bayi dan anak membutuhkan tidur siang karena mereka mempunyai jam tidur yang lebih panjang dibandingkan orang dewasa. Sedangkan untuk dewasa sebaiknya hindari tidur siang karena justru akan membuat malamnya terjaga dan susah tidur. Apabila sangat kelelahan, Anda bisa tidur siang sejenak saja yaitu 10-30 menit sebelum jam 3 sore.

  • Hindari mengonsumsi alkohol, kafein, dan rokok sebelum tidur

Tips selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi susah tidur dalah dengan menghindari mengonsumsi alkohol dan kafein sebelum tidur. Sangat baik juga apabila menghindarinya pada sore hingga menjelang jam tidur. Hal tersebut karena berbagai minuman tersebut akan mengganggu asam lambung sehingga dapat mempunyai keluhan dan membuat susah tidur. Selain itu juga hindari merokok sebelum tidur. Hal ini karena rokok mempunyai kandungan nikotin yang dapat membuat susah tidur.

  • Minum air putih, teh, dan susu

Cara mengatasi susah tidur yang terakhir adalah dengan minum beberapa minuman yang bagus agar membuat tubuh rileks dan cepat merasa mengantuk. Seperti minum air putih yang akan membantu tubuh tetap terhidrasi saat tidur. Selain itu juga bisa minum susu putih dan teh chamonille yang bagus untuk membuat tubuh rileks. Terakhir, ada minuman Balance Madia Goodnight dari Herbana yang bisa dipilih untuk meringankan gejala sulit tidur hingga membuat kualitas tidur meningkat.

News Feed