Teknologi merubah media sosial berkembang sangat pesat dan turut merubah ekonomi digital. Media sosial bukan hanya sebagai tempat untuk bersosialisasi, namun telah menjadi platform yang sangat efektif untuk berjualan.
Media sosial juga memberikan peluang besar bagi bisnis untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan. Pelaku bisnis mulai memanfaatkan berbagai jenis platform media sosial untuk meningkatkan eksistensi brand bisnis lebih luas.
Potensi media sosial yang besar di Indonesia harus dimanfaatkan berbagai jenis bisnis memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran. Pengguna media sosial di Indonesia sendiri menembus jumlah 167 juta pengguna aktif dari berbagai platform.
Adanya media sosial membawa dampak bagi dua pihak, yaitu bisnis dan pelanggan. Bukan hanya digunakan sebagai informasi bisnis semata, namun media sosial dapat membantu bisnis menjangkau audiens yang lebih luas dan calon pelanggan, baik lokal hingga internasional.
Menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 75% orang Indonesia aktif menggunakan media sosial, dan sekitar 76,6 juta orang telah berbelanja online. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk berjualan di media sosial.
Memilih Platform Media Sosial yang Tepat
Platform media sosial sangat banyak jenisnya, diperlukan pemilihan platform yang tepat untuk menjual produk dan jasa melalui media ini.
Pelaku bisnis dapat memanfaatkan Facebook, Instagram, WhatsApp, X atau Twitter sebagai platform untuk memasarkan produk hingga terima pembayaran dari pelanggan secara instan.
Teknologi pembayaran dari payment gateway memungkin pelaku bisnis menerima pembayaran online dari media sosial dengan mudah, cepat, aman, dan efisien. Bahkan tanpa integrasi apapun, bisnis yang kamu jalankan melalui media sosial dapat erima uang dengan mudah.
Seperti teknologi yang dimiliki Winpay sebagai payment gateway yang mempunyai layanan aplikasi Winpay yang dapat terima uang dengan mudah dari media sosial. Layanan ini ini dapat menjadi referensi pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai tempat jualan.
Bikin Konten Menarik
Setelah memilih platform yang tepat dari jenis media sosial yang ada, langkah berikutnya adalah menciptakan konten yang menarik. Konten yang baik dapat menarik perhatian audiens dan mendorong interaksi dan juga konversi penjualan.
Buat cerita yang menarik di balik produk atau brand bisnis dengan menggunakan visual yang baik melalui foto dan video yang berkualitas tinggi. Hal ini dapat menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan yang dapat membawa ke konversi penjualan.
Sediakan Pembayaran Online
Tawarkan berbagai metode pembayaran online, seperti QRIS, e-wallet, transfer bank, dan kartu kredit. Bahkan, pembayaran offline melalui jaringan retail modern juga ada.
Memenuhi preferensi beragam pelanggan akan memperbesar peluang penjualan serta memberikan pengalaman menyenangkan bagi pelanggan. Berkat adanya teknologi pembayaran dari Winpay ini, pelaku bisnis dapat terima pembayaran dari media sosial dengan mudah tanpa integrasi apapun dengan menggunakan aplikasi Winpay.
Winpay sebagai payment gateway tepercaya memiliki ijin resmi dari Bank Indonesia sebagai payment gateway dan penyedia jasa pembayaran kategori 1 di Indonesia. Winpay hadir sebagai solusi payment gateway yang memfasilitasi transaksi pembayaran antara merchant dan pelanggan baik pembayaran online maupun offline dengan solusi pembayaran yang handal, mudah, lengkap dengan biaya yang murah.