Cara Menggabungkan File Word yang Memberikan Kemudahan Pada Anda Sesuai Dengan Keperluan Masing Masing

Teknologi16 views

Apakah anda buruh untuk menggabungkan materi dari dua fokumen Word yang berlainan? Cara yang jadul adalah dengan melakukan copy dari satu file, kemudian anda paste ke file yang lain.

Namun sayangnya, cara tersebut dapat membuat format dokumen anda menjadi berantakan serta membuat dua kali kerja dan juga menjadi ribet.

Untuk menyiasati hal yang membuat anda repot, anda dapat mencoba menggunakan cara menggabungkan file Word yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Fiturnya sudah terdapat secara pada aplikasi Micosoft Word dan anda dapat melakukan penyesuaian posisi sisipan pada halaman file mana saja sesuai dengan keperluan masing masing.

Berikut ini merupakan cara menggabungkan file word yang memberikan kemudahan pada anda sesuai dengan keperluan masing masing.

1. Akses file yang menjadi dokumen utama

Jika anda akan menyatukan dua dokumen atau lebih, hal pertama yang harus anda siapkan adalah file yang akan dijadikan sebagai dokumen utama. Pada nantinya, file tersebut akan menjadi sebuah tempat untuk penggabungan isi dari file yang lainnya.

Anda dapat mempersiapkan dokumen yang telah ada, contohnya file Pendahuluan pada skripsi. Atau, dapat juga membikin dokumen Word yang baru.

2. Taruh kursor mouse pada tempat yang mau anda sisipkan dari dokumen yang lain

Ketika file utama sudah diakses, anda harus meletakan kursor pada halaman atau bagian yang mau disisipi dokumen yang lainnya. Anda dapat mengatur sesuai dengan keperluan anda. Pastikan prosisi dari kursor mouse sudah benar. Karena jika anda mengalami keliru, file jadi gak beraturan dan lebih berantakan.

3. Buka tab Insert kemudian Object lalu Text

Berikutnya anda harus membuka tool yang dipakai sebagai cara menggabungkan file Word. Anda tidak perlu merasa khawatir, tool yang satu ini sudah terdapat pada perangkat lunak Microsoft Word, jadi anda tidak perlu menyisipkan add-ons lagi.

Caranya adalah dengan cara mengakses tab Insert yang terletak pada bagian yang paling atas. Kemudian klik opsi Object dan klik menu Text.

Jika anda memakai MacBook, maka akses tab Insert, opsi object yang terletak di dekat format text, yaitu menu Huruf Awal Besar yang terdapat pada bagian sebelah kanan bawah pas. Berikutnya, klik Text dari File.

4. Klik dokumen yang mau anda gabungkan

Berikutnya akan ada pop up atau jendela baru. Hal tersebut adalah pop-up folder yang memberikan tampilan pada semua file yang sudah tersimpan. Di sini, anda dapat menentukan dokumen yang mau digabungkan dengan dokumen utama. Anda hanya tinggal mencari di letak penyimpanan file. Apabila telah dilakukan, pilih file dua kali atau klik opsi Sisipkan.

Pada langkah yang satu ini, anda dapat melakukan gabungan lebih dari satu dokumen. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara pilih file file mau anda gabungkan dengan menahan tombol ctrl di Windows atau cmd jika menggunakan Macbook. Apabila telah dilakukan, anda dapat langsung saja memilih Sisipkan.

Selain langkah tersebut, anda dapat melakukan langkah berikut ini:

  • Akses situs https://products.aspose.app/words/id/merger/word
  • Pilih tombol ‘Pilih Word File’
  • Upload dua atau sejumlah file yang mau anda gabungkan
  • Sesudah proses unggah berhasil, pilih tombol ‘Merge’
  • Tunggu beberapa saat hingga proses lengkap
  • Pilih ‘Unduh’ untuk menyimpan hasil dari penggabungan dokumen punya anda.