by

Daur Ulang Sampah Plastik Dirumah Saja

Ketika kita sedang berbelanja di minimarket ataupun supermarket, apakah kita sering ditanyakan untuk membawa tas belanja sendiri atau tidak dan melihat di struk belanjaan kita ada nominal belanja khusus kantong plastik yang kita pakai. Hal-hal tersebut merupakan tindakan yang dilakukan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Selain tindakan pencegahan menggunakan kantong plastik ketika belanja, apabila kita membeli air minum dalam kemasan, kita sering melihat bahwa ada lambang 3R yaitu reuse, reduce dan recycle. Ketiga lambang yang ditampilkan di kemasan botol air minum adalah sebagai pengingat kita kalau botol yang digunakan bisa kita manfaatkan kembali. Mengapa botol air minum kemasan harus kita daur ulang? Karena tingkat produksi sampah plastik di Indonesia sangatlah tinggi, bahkan mencapai peringkat kedua di dunia. Sehingga kita harus proaktif dalam kegiatan daur ulang, khususnya daur ulang sampah plastik.

Apa itu Daur Ulang Sampah Plastik?

Daur ulang adalah salah satu cara atau juga metode dalam pengelolaan limbah padat menjadi barang berdaya guna baru. Sedangkan Daur ulang plastik merupakan upaya untuk mengelola dan menggunakan plastik bekas agar dapat digunakan kembali atau diolah menjadi barang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan memiliki nilai jual.Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi adanya pencemaran dan kerusakan lingkungan yang disebabkan dari membuang sampah plastik sembarangan. (1) Sehingga kita harus memiliki rasa empati terhadap lingkungan kita agar tidak tercemar dengan sampah plastik. Sampah sendiri terbagi menjadi 2 secara garis besar, yaitu

  • Sampah Padat (Anorganik)

Sampah anorganik adalah sampah yang terdiri atas bahan-bahan anorganik. Contoh bahan-bahan anorganik adalah bahan logam, plastik, kaca, karet, dan kaleng. Sifat sampah anorganik adalah tahan lama dan sukar membusuk. Sampah ini tidak mudah diuraikan oleh mikroorganisme tanah. Apabila dibuang sembarangan, sampah anorganik dapat menimbulkan pencemaran tanah.

  • Sampah Basah (Organik)

Sampah organik adalah sampah yang terdiri atas bahan-bahan organik. Sifat sampah organik adalah tidak tahan lama dan cepat membusuk. Biasanya sampah jenis ini berasal dari makhluk hidup. Contohnya adalah sayur-sayuran, buah-buah yang membusuk, sisa nasi, daun, dan sebagainya. Sampah organik mudah diuraikan mikroorganisme tanah. Hanya saja jenis sampah akan menimbulkan bau kurang sedap jika tidak dikelola dengan baik.(2)

Sampah Plastik sendiri masuk kategori sampah Anorganik, yang dimana sampah yang tidak mudah diuraikan oleh mikroorganisme tanah. Maka dari itu penyuluhan untuk daur ulang sampah plastik sangat digaungkan. Daur ulang sampah plastik tidak serumit yang kita bayangkan, bahkan bisa menjadi bahan edukasi bagi keluarga kita atau bahkan menjadi sarana bisnis baru yang patut kita coba. Mendaur ulang juga bisa meningkatkan kreatifitas kita dalam membuat sesuatu,sehingga kita bisa mendaur ulang sampah plastik di rumah saja. Berikut adalah beberapa contoh hasil daur ulang yang bisa kita lakukan dirumah saja:

  • Membuat Tas Daur Ulang dari Pembungkus Plastik

Apabila kita mempunyai banyak pembungkus plastik yang sudah tidak dipakai maka kita masih bisa mengubahnya untuk menjadi sebuah tas daur ulang dengan mudah. Kumpulkanlah plastik tersebut dalam jumlah yang banyak agar menyerupai sebuah tas dan jahitlah dengan menggunakan benang.

  • Memanfaatkan Botol Plastik Sebagai Pot

Jika di rumah kita terdapat banyak botol plastik maka kita bisa menggunakannya kembali sebagai pot untuk tanaman. Dengan menanam tanaman kita juga bisa berperan untuk membuat rumah dan lingkungan tempat tinggal menjadi lebih nyaman.

  • Mengkreasikan Botol Plastik Besar Menjadi Celengan

Salah satu cara agar sampah botol plastik besar tidak terbuang sia – sia adalah dengan mengubahnya agar menjadi sebuah celengan. Celengan yang berbahan dasar botol plastik bisa digunakan berkali – kali tanpa harus membeli sebuah celengan baru.

  • Botol Plastik diubah Menjadi Tempat Pakan Burung

Apabila kita senang untuk memelihara burung maka kita bisa merubah botol plastik bekas yang kita miliki menjadi tempat pakan burung. Bentuk dari botol plastik sangatlah bagus untuk menjadi tempat pakan karena bisa dengan mudah dilubangi.

  • Merubah Botol Plastik Menjadi Tempat Alat Tulis

Botol plastik bekas juga bisa kita ubah dengan mudah untuk menjadi tempat alat tulis. Cukup dengan memotongnya menjadi setengah bagian maka kita bisa mendapatkan sebuah tempat alat tulis yang bermanfaat. (2)

  • Membuat Sisa Botol Plastik Menjadi Sapu

Mendaur ulang botol bekas agar menjadi sebuah sapu ijuk merupakan sebuah karya yang sangat menarik. Setiap rumah membutuhkan sapu ijuk untuk membersihkan halamannya. Cara membuatnya yang mudah juga menjadi nilai tambah dari produk daur ulang ini. kita akan memerlukan 5 buah botol bekas dengan ukuran yang sama, gunting, tongkat kayu bekas, tali dan paku. Potonglah bagian bawah botol dan gunting setipis mungkin sampai menyerupai bulu sapu. Potong secara vertikal dan usahakan agar setiap potongan mempunyai ukuran yang sama halusnya. Setelah selesai memotong, kita bisa memasangkan botol pada tongkat kayu bekas dengan menggunakan paku dengan erat. Ikatlah bagian yang dipaku dengan menggunakan tali agar terlihat rapi.

  • Membuat Celengan Dari Sisa Botol Plastik

Salah satu produk daur ulang yang sangat mudah untuk dibuat adalah celengan botol plastik. kita cukup membutuhkan sebuah botol bekas dengan ukuran yang beragam, piloks, lem dan cutter. Potonglah botol bekas menjadi dua bagian yang sama dan sambungkan kedua potongan tersebut menjadi satu bagian yang lebih kecil. Sayatlah bagian atas botol menyerupai sebuah lubang untuk memasukkan uang. Pastikan agar ukurannya sesuai dan muat untuk dimasuki uang logam dan kertas. Hiaslah celengan sederhana dengan menggunakan cat air agar menjadi lebih menarik. (4)

Diatas adalah beberapa contoh barang yang bisa kita buat dari hasil daur ulang botol plastik, untuk membantu kelestarian lingkungan kita. Ternyata AQUA juga mempunyai komitmen dalam kontribusi untuk kelestarian lingkungan, yaitu AQUA meluncurkan AQUA LIFE, sebuah inovasi kemasan botol dari 100% bahan daur ulang dan dapat didaur ulang. Ini menjadi penanda bahwa AQUA benar-benar mewujudkan komitmennya. Perlu diketahui, pada 2025, AQUA berkomitmen untuk menggunakan 100% bahan daur ulang, bahan yang dipakai ulang dan atau bahan kemasan yang terurai dalam tanah. Lalu, saat ini kemasan botol AQUA sudah mengandung bahan daur ulang sampai dengan 25%. Hal itu akan ditingkatkan menjadi rata-rata 50% pada tahun 2025. Meski merupakan hasil inovasi kemasan botol daur ulang, AQUA LIFE sangat aman untuk dikonsumsi. Kemasannya telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh BPOM, Halal, SNI dan FSSC 22000. Oleh karenanya, AQUA LIFE memiliki kualitas yang sama dengan produk yang memakai materi baru. Standar keamanannya tinggi dan memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jadi jangan takut untuk memilih AQUA, karena AQUA juga berkomitmen untuk kelestarian lingkungan kita. (5)

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Daur_ulang_plastik
  2. https://disperkimta.bulelengkab.go.id/artikel/jenis-jenis-sampah-25
  3. https://www.rumah.com/panduan-properti/15-cara-mengurangi-sampah-plastik-rumahan-dan-contoh-daur-ulangnya-27696
  4. https://www.rumah.com/panduan-properti/8-ide-daur-ulang-terbaik-yang-bisa-jadi-uang-tambahan-untuk-anda-26255
  5. https://www.sehataqua.co.id/aqua-life-perwujudan-inovasi-kemasan-botol-daur-ulang-dari-aqua/

News Feed