by

Harga Jasa Press Release, Bisakah Gratis? Simak Penjelasannya!

-Bisnis-101 views

Harga jasa press release menjadi salah satu topik yang banyak dicari oleh masyarakat. Utamanya oleh orang-orang yang mau memulai bisnis atau dunia startup. Seperti yang diketahui, press release merupakan sarana baru bagi pegiat bisnis atau perusahaan yang ingin menerbitkan berita atau konten terbaru tentang perusahaan mereka. Pasalnya, press release ini merupakan berita singkat yang biasanya berisi aktivitas perusahaan dinama berita tersebut diterbitkan di media massa atau media online.

Ketika menyangkut press release, kebanyakan dari perusahaan atau masyarakat akan berpikir berapa biaya press release yang harus dikeluarkan? Bagaimana tidak, masalah budget menjadi hal yang cukup krusial dan harus dipikirkan matang-matang. Tak hanya itu, persoalan budgeting pun harus dipersiapkan jauh-jauh hari agar tidak menghambat rencana. Lantas, sebenarnya berapa harga untuk sebuah perusahaan atau seseorang menggunakan jasa untuk press release?

Press Release Gratis, Bisakah?

Banyak orang yang bertanya, apakah membuat press release bisa gratis? Pada dasarnya, bisa saja Anda tidak perlu membayar apapun ketika ingin merilis berita tentang perusahaan di media online atau media besar. Memang, pada dasarnya mengirimkan berita ke media-media tidak dipungut biaya apapun. Namun, hal tersebut harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan perjuangan. Apalagi, tidak semua media mau menerima press release dari perusahaan. Itulah kenapa Anda harus menggunakan jasa press release.

Jika Anda ingin menerbitkan berita gratis, pastinya Anda harus melakukan semuanya sendiri. dari mulai riset media yang akan jadi tujuan, hingga riset tentang media itu sendiri. Seperti bagaimana kriteria berita yang bisa dipublis, tatacara pengajuan dan lain sebagainya. Kadang, perlu waktu yang sangat lama juga agar berita bisa ditayangkan. Belum lagi jika tidak sesuai redaksi, akan mengalami penolakan berkali-kali.

Biaya Jasa Press Release

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa Anda memang bisa menerbitkan berita perusahaan di media ternama, dengan catatan itu tidak mudah dan tidak menjamin. Namun, berbeda ketika Anda menggunakan jasa yang menyediakan layanan press release untuk dipublis di media-media online ternama. Pastinya cenderung lebih mudah, hemat waktu, dan juga tidak perlu mekanisme yang terlalu rumit.

Meskipun begitu, untuk menggunakan jasa press release ini Anda perlu mengeluarkan biaya. Berikut ini adalah rincian biaya yang harus Anda persiapkan:

  1. Biaya Jasa

Karena Anda menggunakan sebuah jasa, tentunya Anda harus menyiapkan biaya jasa yang akan diberikan kepada pihak yang menyediakan layanan press release. Harga ini akan tergantung dari setiap penyedia jasa yang dipilih. Pun dengan layanan yang akan Anda pilih juga.

  1. Biaya Pembuatan Berita

Untuk rincian biaya yang satu ini dikhususkan bagi Anda yang belum memiliki konten atau artikel berita untuk dipublikasikan oleh media saat press release. Solusinya Anda bisa menggunakan jasa pembuatan berita atau konten. Anda cukup memberikan kata kunci, materi berita yang harus ditulis, dan lain sebagainya. Harganya pun tergantung dari pihak jasa dan berapa banyak artikel berita yang ingin Anda buat. Namun, ada juga pihak jasa press release yang sekaligus menyediakan layanan pembuatan kontennya.

  1. Biaya Promosi

Tidak boleh dilupakan. Meskipun dengan merilis berita di media besar sudah cukup memberikan kontribusi untuk perkembangan perusahaan agar dikenal banyak orang, namun hal tersebut belum maksimal. Maka, Anda perlu menyiapkan biaya untuk promosi. Semakin bagus promosinya, semakin besar peluang Anda mencapai tujuan yang diinginkan dalam press release.

Nah, itulah beberapa rincian biaya yang harus Anda persiapkan ketika akan menggunakan jasa press release. Tentunya rincian tersebut jangan sampai terlewat agar proses press release Anda berjalan dengan lancar tanpa kendala.

News Feed