by

Inilah Beberapa Hal yang Dilakukan Saat Isolasi Menghindari Penularan Virus Corona

Isolasi diri merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk dapat mencegah penyebaran virus coronaDimana hal ini dilakukan untuk beberapa keadaan misalnya bagi Anda yang berada di daerah rawan seperti di Jakarta yang bisa melakukan isolasi diri di rumah. Selain itu juga ketika menunggu hasil pemeriksaan, ketika sudah positif corona, ketika berstatus sebagai ODP, dan juga ketika mempunyai gejala corona seperti batuk, demam, dan juga sakit tenggorokan. Saat melakukan isolasi diri tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga tidak salah ketika melakukannya. Beberapa tips yang bisa digunakan adalah sebagai berikut ini:

  • Menyiapkan ruang isolasi yang tepat

Ruang isolasi diri tersebut merupakan ruang sendiri yang ada di dalam rumah. Sehingga tidak hanya mempraktikkan sosial distancing dengan keluarga tetapi juga harus berada di ruangan yang khusus untuk melakukan isolasi tersebut. Sehingga Anda bisa untuk menyiapkan ruangan yang khusus untuk ruang isolasi. Dimana untuk syarat ruang isolasi yang paling penting adalah terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Ruangan tersebut juga harus nyaman sehingga berikan pengatur udara dan ruangan yang baik sehingga membuat suasananya juga menjadi lebih nyaman.

  • Menjaga jarak dan menggunakan masker

Hal selanjutnya yang bisa diperhatikan ketika melakukan isolasi agar menghindari penularan virus corona adalah menjaga jarak dan menggunakan masker. Termasuk ketika di rumah juga ada anggota keluarga yang sedang diisolasi. Oleh karena itulah pastikan untuk menjaga jarak dengan anggota keluarga yang masih sehat. Setidaknya tetap menjaga jarak 1 hingga 2 meter agar tidak membuat virus tertular. Selain itu ketika melakukan interaksi juga bisa untuk menggunakan masker yang dapat mencegah virus. Walaupun berada di rumah tetapi penting untuk selalu menggunakan masker sehingga dapat mengurangi penyebaran virus lebih efektif selama isolasi di rumah.

  • Menggunakan peralatan yang terpisah

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika melakukan isolasi di rumah adalah dengan menggunakan peralatan yang terpisah dengan orang yang terisolasi. Sangat penting sekali untuk mencuci alat makan menggunakan air yang mengalir dan juga menggunakan sabun sehingga bersih. Sehingga hal tersebut dapat untuk mencegah penyebaran virus ini. Selain itu juga penting untuk barang yang digunakan seperti tissue, sarung tangan, dan juga pakaian yang akan dicuci bisa untuk dimasukkan ke wadah yang berbeda dan terpisah. Sehingga hal tersebut akan membuat penyebaran virus menjadi lebih minimal. Ketika mencuci juga penting untuk menggunakan suhu 60 hingga 90 derajat Celcius yang dapat membunuh virus lebih efektif.

  • Batasi pengunjung

Hal terakhir yang perlu diperhatikan ketika melakukan isolasi diri adalah dengan membatasi pengunjung. Bahkan sebaiknya juga Anda tidak mengunjungi terlebih dahulu anggota keluarga yang melakukan isolasi diri karena mempunyai tanda atau gejala terinfeksi oleh virus covid-19. Anda baru bisa untuk mengunjunginya ketika memberinya makan, cemilan, dan juga ketika mengambil barangnya. Sedangkan untuk hal lainnya bisa untuk ditunda dahulu hingga 14 hari yang merupakan batas untuk isolasi.

Beberapa poin di atas merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan isolasi diri. Sehingga nantinya dapat untuk mengurangi pengurangan resiko terkena dan tertular virus corona. Langkah lainnya juga ada banyak yang bisa digunakan seperti dengan melakukan pencegahan terkena virus covid-19. Berbagai informasi mengenai langkah pencegahan dan isolasi yang tepat tersebut bisa dilihat lebih lanjut di website Halodoc yang menyediakan informasi lengkap mengenai penanganan virus covid-19.

News Feed