by

Kegunaan Earphone yang Menarik dan Jarang Diketahui

Kegunaan earphone sebenarnya untuk apa saja, sih? Earphone sendiri merupakan salah satu kebutuhan di masa canggih seperti ini. Alat tersebut menjadi salah satu benda favorit sebagian orang dan digunakan oleh berbagai kalangan. Bahkan, tidak jarang ada yang menganggap alat tersebut sebagai perangkat aksesoris.

Aksesoris pendengar audio tersebut mudah dibawa ke mana saja. Bentuknya yang ringan dan kecil bisa Anda masukkan ke dalam saku. Earphone memiliki bagian dengan bentuk yang menonjol. Fungsinya adalah untuk menutup suara yang berasal dari luar.  Perangkat gadget ini bisa  digunakan untuk menonton film, mendengarkan lagu, dan belajar online.

Kegunaan Earphone Bagi Semua Kalangan

Alat tersebut tidak hanya bisa digunakan pada smartphone saja, tapi juga bisa digunakan pada perangkat lainnya. Seperti PC, laptop, recorder, dan sebagainya. Dilengkapi dengan mikrofon suara, membuat penggunanya merasa nyaman dalam menerima panggilan telepon atau bicara melalui video call. Berikut ini kegunaan lainnya dari earphone yang harus Anda tahu.

  1. Kegunaan Earpgone Sebagai Pengganti Headset

Kegunaan earphone yang menarik pertama yang harus Anda tahu adalah sebagai pengganti headset. Bagi sebagian orang, kedua alat tersebut mungkin sama. Nyatanya, kedua alat untuk gadget tersebut berbeda meski kegunaannya sama. Namun, jika dilihat dari bentuk, earphone memiliki bentuk yang lebih kecil jika dibandingkan dengan headset.

Selain itu, bentuk headset adalah seperti bando dan biasa digunakan untuk bermain oleh para gamers. Earphone ternyata dibagi menjadi dua jenis , yakni sebagai in-ear monitoring atau IEM dan earbuds. Kedua jenis dan panggilan tersebut memiliki perbedaan dalam hal bentuk dan cara pemakaian. Jenis earbuds digunakan dengan hanya menyelipkan ke tengah telinga, sementara IEM memiliki sedikit pangkal pada ujungnya.

  1. Membuat Seseorang Berkonsentrasi

Salah satu keuntungan menggunakan earphone adalah membantu seseorang dalam berkonsentrasi, terutama saat berada di tempat yang ramai. Seseorang yang sedang membaca buku sambil mendengarkan lagu juga sering terlihat, lho. Ada juga yang menggunakannya saat sedang santai atau berada di tempat sepi. Dengan adanya penutup suara dari luar, seseorang bisa berkonsentrasi saat belajar atau pun saat ingin sendiri.

  1. Melindungi Diri dari Kriminalitas

Tidak hanya berfungsi sebagai pendengar audio, kegunaan earphone juga bisa membantu dalam menjaga keamanan dan juga meningkatkan produktivitas. Contohnya, saat Anda sedang berkendara tapi harus menjawab panggilan yang sangat penting. Hanya dengan earphone, Anda tetap bisa fokus dalam berkendara.

Selain itu, menggunakan earphone dapat memberikan jarak dari ponsel agar tidak terkena radiasi. Anda juga akan aman saat berada di tempat ramai dan tidak perlu mengeluarkan smartphone saat ingin melakukan panggilan. Tidak heran jika menggunakan alat tersebut bisa membuat Anda produktif setiap harinya.

  1. Menjaga dan Meningkatkan Suasana Hati

Siapa sangka, manfaat menggunakan earphone akan berdampak pada kesehatan mental. Pasalnya, menggunakan alat tersebut bisa membantu Anda untuk menjaga dan meningkatkan suasana hati. Hal ini dikarenakan kualitas dari suara earphone memiliki pengaruh terhadap sistem saraf yang akan menjadi mood healing.

  1. Me Time

Menggunakan earphone bisa memberikan Anda Me Time dengan diri sendiri. Berbagai macam aktivitas kadang terasa melelahkan dan juga membosankan. Itulah kenapa penting untuk Me Time. Cukup dengarkan lagu atau musik dengan earphone, dijamin menjadi solusi ampuh dalam melepas penat atau stres.

Itulah beberapa kegunaan earphone yang harus Anda tahu. Bagi Anda yang menjadikan alat tersebut sebagai benda favorit, wajib melihat daftar rekomendasi terbaik. Hal ini agar penggunaan earphone semakin menyenangkan. Apakah Anda suka menggunakannya?

News Feed