by

Kenali 3 Ciri Air Bersih Ini untuk Tubuh yang Sehat

Kebanyakan orang sangat menyadari fakta bahwa mereka perlu minum air, tetapi pernahkah Anda berhenti dan bertanya-tanya, “mengapa?”

Air merupakan komponen di setiap jaringan, organ, dan sel dalam tubuh Anda. Demikian juga, sebagian besar reaksi kimia dalam tubuh membutuhkan air. Ini termasuk pencernaan, metabolisme, dan pernapasan.

Usus dan ginjal tidak dapat secara efektif membuang limbah tubuh Anda tanpa hidrasi yang memadai. Singkatnya, hidup tidak bisa berjalan tanpa air dalam beberapa bentuk – tubuh Anda tidak bisa berfungsi.

Menurut sebuah lembaga di Amerika Serikat bernama Centers for Disease Control and Prevention, air minum sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Hidrasi yang baik dapat memberikan berbagai manfaat mencegah berbagai penyakit seperti sembelit, perubahan suasana hati, dan batu ginjal,. (1)

Sebaliknya, jika Anda mengalami dehidrasi, dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi tubuh Anda, mulai dari penyakit dan menyebabkan tubuh tidak dapat bekerja secara efisien.

Nah, dari penjelasan ini menjadi jelas betapa pentingnya peran air untuk kehidupan, namun yang jadi pertanyaan adalah bagaimana mengetahui ciri-ciri air bersih untuk dikonsumsi oleh tubuh kita? Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

  • Syarat Fisik

Syarat yang satu ini dapat dikenali langsung oleh sistem panca indra yang dimiliki oleh manusia. Air minum berkualitas punya ciri bening atau jernih sehingga tidak ada warna terlihat padanya.

Selain itu lewat indra penciuman, air minum berkualitas tidak memiliki bau, tidak meninggalkan endapan.

Lalu, bila dirasakan air mineral yang baik tidak memiliki rasa (tawar). Serat jika dirasakan air minum yang sehat dan layak untuk dikonsumsi memiliki suhu antara lain 10-25 derajat celcius, yang mana menandakan ada di bawah suhu udara lingkungan sekitar. (2)

  • Syarat mikrobiologi

Untuk digunakan sebagai minuman yang dikonsumsi, harus bebas dari segala macam kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit atau hal-hal yang berbahaya bagi tubuh. (2)

Beberapa di antara bakteri yang ada pada air adalah Escherichia coli dan Salmonella sp, dua organisme yang dikenal menyebabkan sakit perut atau diare.

Untuk mengetahui kualitas air minum berdasarkan syarat mikrobiologi ini, tidak bisa diketahui hanya dengan mengandalkan ciri fisik karena biasanya organisme-organisme yang ada memiliki ukuran kecil yang tak dapat dilihat secara kasat mata.

Oleh karena itu hanya bisa diketahui melalui uji lab. Sehingga pastikan dalam memilih air mineral, pilihlah merek yang punya kualitas uji lab terbaik agar air yang Anda konsumsi aman dan tidak menimbulkan penyakit. (2)

  • Syarat kimiawi

Air minum yang sehat haruslah memiliki berbagai kandungan mineral yang punya peran penting dalam membuat tubuh dapat bekerja secara efisien.

Beberapa di antaranya ialah zat mineral seperti Zn (seng) Cu (tembaga, Mn (mangan) dan Cl (klorida). Namun dengan catatan, kandungan mineral ini haruslah dalam kadar yang telah ditentukan.

Di saat yang bersamaan, ada juga beberapa zat yang tidak boleh terkandung dalam air mineral. Sebut saja beberapa di antaranya ialah kandungan logam seperti Hg (merkuri), Pb (timbal) As (arsen), Cd (kadmium) dan Cr (kromium).

Zat-zat ini dilarang ada dalam kandungan air untuk dikonsumsi karena merupakan zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit dan membuat tubuh tidak dapat bekerja secara efisien. (2)

Itulah tadi beberapa ciri-ciri air bersih. Hanya air minum berkualitas yang memenuhi semua ciri-ciri air bersih tersebut. Untuk air putih berkualitas selalu pilihlah AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya.

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral kepada masyarakat Indonesia.

Source:

  1. https://www.cdc.gov/nutrition/data-statistics/plain-water-the-healthier-choice.html
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3394465/kenali-ciri-ciri-air-minum-yang-layak-konsumsi

News Feed