by

Kenali Tanda – tanda Saat Ban Motor Anda Perlu Diganti

Ban memang menjadi salah satu komponen yang berpengaruh pada performa motor selain mesin. Itu karena jika ban mengalami kerusakan ataupun tekanan angin yang ada didalamnya mengalami kekurangan ataupun kelebihan maka motor tidak akan bisa berjalan dengan sempurna. Pada akhirnya jika ban mengalami gangguan maka peforma motor pun akan ikut menurun.

Untuk itu selain rutin melakukan service pada bagian mesin anda juga harus rutin melakukan pengecekan pada ban yang anda gunakan. Biasanya hal yang paling umum dilakukan pada pengecekan ban adalah ukuran tekanan anginnya. Pengecekan rutin pada ban ini dilakukan untuk menghindari segala bentuk kecelakaan maupun efek lainnya yang mungkin terjadi selama berkendara.

Selain melakukan pengeceka rutin pada ban lalu hal apa sajakah yang bis akita lihat untuk menilai apakah ban tersebut masih layak digunakan atau tidak. Untuk lebih jelasnya berikut ini terdapat beberapa ciri – ciri umum yang menunjukan bahwa ban motor yang digunakan sudah harus diganti.

Alur kembang pada ban motor sudah menipis atau botak

Jika anda sudah melihat alur pada ban anda mulai hilang atau botak berarti itu merupakan salah satu tanda ban motor anda perlu diganti. Karena ban yang botak akan membuat motor mudah tergelincir dan menyebabkan kecelakaan.

Saat melewati jalan rusak ban akan terasa keras

Biasanya saat ban motor sudah tidak layak pakai maka saat melewati jalan rusak ban akan terasa keras. Itu karena bagian alur pada ban sudah mengalami penipisan sehingga permukaan ban terasa lebih keras.

Jarak tempuh di Speedometer telah mencapai 10.000 km

Biasanya standar ban pada motor anda perlu diganti salah satunya jika jarak tempuh motor anda sudah mencapai 10.000 km. Idealnya pada range jumlah kilometer tersebutlah ban sudah harus diganti yang baru.

Ban terasa bergoyang saat ditikungan

Jika saat melewati tikungan dan anda merasa ban anda sudah mulai goyang maka itu tandanya anda sudah harus mengganti ban anda. Biasanya hal tersebut terjadi karena daya cengkram ban telah menurun.

Terdapat garik retakan pada ban

Tanda lainnya ban sudah harus diganti adalah munculnya retakan pada ban. Retakan tersebut biasanya menandakan bahwa ada sesuatu yang rusak pada ban anda, itulah mengapa saat menemukan retakan tersebut sebaiknya anda segera mengganti ban anda.

Tanda TWI pada ban sudah mulai samar

Tanda Twi atau Tread Wear indicator merupakan salah satu alat ukur yang menandakan bahwa ban sudah harus diganti. Jadi jika anda melihat tulisan TWI pada ban anda mulai samar maka sebaiknya anda segera mengganti ban tersebut.

Ban sudah melewati masa layak pakai

Biasanya ban motor memiliki jangka waktu pakai yang normal selama kurang lebih 5 tahun. Jika lebih dari jangkan waktu tersebut walaupun ban belum menunjukan ketidaknyamanan ada baiknya anda tetap mempertimbangkan untuk mengganti ban tersebut dengan ban yang baru.

Itulah beberapa ciri mengenai kapan ban motor anda sudah harus diganti dengan ban yang baru. Tips agar ban yang anda gunakan tidak mudah rusak maka anda bisa memilih ban dengan kualitas yang baik. Salah satu ban dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau adalah ban motor maxxis. Selain itu terdapat beberapa tipe dan jenis ban yang bisa disesuaikan dengan jenis kendaraan anda.