by

Kesalahan Sewa Ruko yang Sering Dilakukan Pelaku Usaha

-Bisnis-108 views

Sewa ruko sebenarnya tidaklah salah, apalagi ruko merupakan bangunan yang dibuat untuk membuat ruang usaha. Akan tetapi tidak sedikit orang yang gagal berwirausaha karena salah membeli ruko yang tepat untuk bisnisnya. Padahal ada aspek penting yang harus Anda perhatikan saat ingin menyewa ruko.

Rumah dan toko (ruko) kini menjadi komoditas properti yang lumayan menjanjikan untuk pelaku usaha. Selain sebagai tempat investasi, ruko yang dibuat oleh pengembang kini makin beragam. Tempatnya yang bersih, di desain dengan berbagai macam gaya dan warna semakin membuat orang tertarik membelinya.Orang-orang yang menyewa ruko juga mulai menunjukan eksitensinya di dunia bisnis, mulai berkembang dan bertumbuh. Tak ayal sewa ruko menjadi salah satu faktor yang kini dipertimbangkan pelaku dan calon pelaku usaha. Akan tetapi pada kenyataannya tidak sedikit orang yang kurang selektif memilih ruko, padahal tidak semua pengembang properti membangun ruko dengan layak. Ada pula ketidakcermatan pengusaha akan pangsa pasar mereka dengan lokasi ruko. Lantas, kesalahan apa saja yang harus Anda pelajari? Berikut ulasannya.

Terlanjur membeli ruko sebelum memulai usaha

Mungkin Anda harus bersabar sebelum membeli ruko. Apalagi jika Anda adalah pelaku usah pemula yang masih menjajaki dunia bisnis, akan ada banyak risiko yang harus ditempuh. Kemungkinan Anda akan tidak siap dengan jatuh bangun merintis usaha, maka dari itu alangkah lebih baik untuk sewa ruko terlebih dahulu. Jika sudah lumayan menghasilkan Anda bisa membeli ruko. Kaena menyewa ruko jauh lebih menghemat anggaran dan bisa memperhitungkan keuangan tidak terduga di kemudian hari.

Aksesibilitas

Banyak pengusaha properti yang memulai bisnis ruko di area yang sepi, bekas lahan tandus. Sebenarnya tidak salah jika pengembang membangun ruko di wilayah itu, akan tetapi untuk Anda yang merintis usaha dan berharap akan ada keuntungan dalam jangka waktu tertentu mungkin akan menyulitkan. Ruko yang areanya jauh dari keramaian cocok untuk dijadikan investasi daripada ruang usaha. Mungkin ada ruko yang bisa dijadikan tempat usaha di area yang agak jauh, tapi Anda harus paham target pasar Anda. Atau mungkin daerah yang sepi justru memudahkan seorang dealer elektronik untuk menyimpan barangnya disitu. Agar nantinya memudahkan mobilitas kendaraan angkut.

Legalitas

Pelaku usaha sering tidak peduli dengan status tanah dan bangunan. Padahal itu adalah aspek penting untuk kelangsungan usaha Anda. Beberapa ruko yang ada di Indonesia tersangkut kasus sengketa bangunan dan sayangnya penyewa ruko terlanjur membayar mahal untuk memulai usaha. Saat tersngkut sengketa, tentunya bangunan akan disegel oleh pihak yang berwajib, selama bangunan itu masih bermasalah tidak diperbolehkan ada aktifitas di dalamnya. Anda bisa berkonsultasi pada pengacara yang biasa menangani legalitas bangunan, biaanya mereka paham tentang riwayat tanah/ rumah/ apartemen dan status kepemilikan properti.

Kurang kritis terhadap kondisi fisik ruko

Ruko mungkin terlihat baik dari depan, tetapi setelah beberapa lama Anda menyadari bahwa ruko tersebut memiliki kekurangan mungkin uang Anda akan habis untuk menyempurnakannya. Anda harus kritis dalam memilih ruko, untuk memastikan bahwa tempat yang Anda pilih sempurna. Misalnya datang pada saat hujan, untuk mengetahui kondisi bangunan. Bocor, lembab, apakah ada kerusakan paralon? Bagaimana dengan area depan? Apaakah akan banjir saat hujan turun?

Jangan ragu untuk menyandarkan tangan Anda pada tembok untuk mengetahui kualitas cat. Terkadang bangunan terlihat sempurna di bagian depan namun Anda perlu menelisik ke dalam, agar nantinya Anda tidak perlu renovasi ruko saat sudah menjalankan usaha. Saluran pembuangan air, posisi bangunan dengan sungai, dll. Anda bisa mengajak kawan/ kerabat yang berpengalaman terhadap kualitas bangunan untuk mengecek kondisinya jika diperlukan.

Tips memilih ruko

Uraian kesalahan sewa ruko tersebut diharapkan tidak terjadi pada Anda. Semua hal tersebut benar-benar terjadi dan Anda bisa mencarinya pada berbagai forum. Bukan maksud ingin mengurungkan niat Anda menyewa ruko, akan tetapi alangkah lebih baik berjaga-jaga sebelum anggaran membengkak. Nah, cara menyikapi  buruknya realitas tersebut, Anda bisa bertindak bijak dengan:

Pilih ruko di lokasi strategis

Apakah Anda ingat prinsip 4P dalam pemasaran? Salah satu elemennya adalah place (tempat), artinya semakin dekat tempat berjualan Anda akan semakin mungkin bisnis menjadi menguntungkan. Misalnya jika Anda ingin berbisnis kuliner, alangkah lebih baik jika dekat dengan perkantoran yang nantinya akan ada banyak karyawan yang akan beristirahat singgah ke rumah makan Anda. Jika usaha kuliner di sekitar perkantoran, sebaiknya menyajikan makanan bervariasi dengan harga yang murah. Berbeda dengan sewa ruko untuk usaha kuliner di area wisata yang membutuhkan menu spesial dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Tentukan spesifikasi bangunan ruko

Tidak semua jenis usaha memerlukan bangunan yang sama, Anda perlu menyadari kebutuhan terlebih dahulu sebelum survei ke lapangan. Jika ingin usaha warnet, ada baiknya memiliki ruangan yang luas agar tidak berdesak-desakan antara penyewa komputer satu dengan yang lain. Jika ingin menjadikan ruko sebagai gudang stock barang dagangan, pastikan ruko tersebut ada di jalan yang luas sehingga tidak mengganggu mobilitas kendaraan lain.

Perhatikan akses jalan yang disediakan

Akses jalan akan menentukan calon pelanggan datang ke ruko Anda. Semakin baik akses jalan untuk melancarkan usaha Anda, semakin cepat keuntungan yang didapat. Pastikan Anda menyewa apartemen saat kondisi jalan sudah diaspal, mudah dikenal oleh orang-orang dan tidak sulit menemukan toko yang Anda sewa.

Sesuaikan kebutuhan lahan parkir

Sangat mudah menemukan ruko dengan lokasi strategis tetapi kadang menjadi masalah jika usaha Anda sudah berjalan dengan lancar. Biasanya parkir menjadi hal yang sulit, karena mengganggu pengendara atau pejalan kaki. Upayakan sebisa mungkin untuk mencari parkir yang luas agar nantinya tidak menyulitkan pengguna jalan lain atau pemilik ruko di sekeliling Anda.

Perhatikan masalah keamanan

Hanya sedikit pengembang properti yang mengutamakan hal ini. Atau jangan sampai Anda sewa ruko di area yang gelap sehingga CCTV tidak bisa merekam gerak-gerik orang dari jarak tertentu.Anda juga perlu menyelidiki riwayat area ruko tersebut, karena tidak jarang premanisme atau tindakan vandalisme warga setempat yang kurang bersahabat bagi pelaku usaha.

News Feed