by

Makna Lagu Jawa Dalan Liyane Hendra Kumbara

Makna Lagu Jawa Dalan Liyane Hendra Kumbara  – Lagu berbahasa Jawa kini semakin popular, tidak terkecuali kaum milenial yang turut menjadi penikmatnya. Salah satu lagu viral dalam Bahasaa Jawa yang berhasil mencuri perhatian ialah Dalan Liyane yang memiliki arti Jalan Lainnya. Jika Anda kerap menyebut sebuah lahu yang berhasil menyentuh perasaan dengan baper, maka dalam lagu-lagu berbahasa Jawa dikenal dengan ambyar.

Hendra Kumbara menjadi sosok yang viral dengan menciptakan lagu dengan Bahasa Jawa yang dianggap super ambyar. Di mana lagu ini dapat mewakilkan orang yang sedang sangat begitu mencintai pasangannya secara mendalam, tetapi ditinggalkan begitu saja. Dalan Liyane kerap dinyanyikan pula oleh penyanyi dangdut kenamaan seperti Happy Asmara dan juga Nella Kharisma.

Pada kanal Youtube Hendra Kumbara sendiri, lagu Dalan Liyane sudah ditonton sebanyak 22 juta kali dan mendapat respon positif dari para penggemarnya. Bahkan di antara mereka pun mengaku mampir untuk melihat dan mendengarkan penyanyi asli Dalan Liyane akibat microboy yang sukses membawakan lagu jawa ini dengan merdu dan membuat penasaran. Lagu Dalan Liyane sendiri sebenarnya dirilis pada akhir bulan November tahun 2019 lalu.

Lagu yang sukses membuat pendengarnya ambyar ini kembali viral di jagat musik Tanah Air menambah deretan panjang lagu dengan Bahasa Jawa yang digemari. Kebangkitan lagu popular Jawa menjadikan warna dangdut lebih dapat dinikmati oleh kaum milenial. Ini pun menjadikan citra dangdut kembali lebih positif, di mana penggambaran dangdut tidak melulu soal seronok dengan goyangan yang heboh atau bahkan baju-baju yang dianggap ‘norak’.

Dalan Liyane dapat mewakili perasaan Anda yang sedang dirundung kegalauan akibat cinta. Lagu-lagu bertema sakit hati, sedih, dan mengandung kegalauan nampaknya dapat mudah diterima bagi kaum milenial. Dibuka dengan lirik yang mampu menyentuh Anda dengan pertanyaan yang menggiring tentang siapa yang sanggup untuk menjalani kondisi ditinggalkan seorang kekasih ketika sedang merasa lagi sayang-sayangnya.

Anda pun digiring di dalam syair Dlan Liyane yang sangat mengiris hati, layaknya seorang yang menaruh perasaan begitu mendalam kepada kekasih yang dicintai. Hingga setiap hari merupakan suatu kenangan yang akan sangat sulit dilupakan saat perpisahan terpaksa harus dijalani. Dalan Liyane mengungkapkan kesedihan yang mendalam saat harus menanggung rasa cinta sendirian, dari pagi hingga sore hari, dan setiap harinya begitu menyedihkan.

Anda pun akan mendapatkan suatu pelajaran berharga dari lagu jawa ciptaan Hendra Kumbara ini. Di mana Dalan Liyane mengajarkan keikhlasan saat seseorang tidak lagi memilih jalan yang sama dengan Anda. Sebab, ketika menjalani sebuah hubungan asmara, perlu dua hati yang sejalan untuk menjadi satu kepaduan dan ini tidak dapat dipaksakan, meski sepihak merasakan sayangyang tearamat dalam.

Keikhlasan pun diiringi dengan hati yang luas dan berussaha menguatkan diri, meski bukan siapa-siapa. Pesan yang mendalam dari lirik lagu Dalan Liyane dapat dijadikan sebuah pembelajaran hidup, saat seseorang menyakiti hati, justru tetap harus ada doa yang baik untuk melepasnya. Di awal memang akan terasa berat dan menyakitkan ketika menerima kenyataan bahwa kekasih yang dicintai justru memilih jalan yang lainnya.

Ada sebuah ‘sentilan’ di dalam lagu Jawa ciptaan Hendra Kumbara ini bagi orang yang kerap meninggalkan kekasihnya demi orang lain adalah pesan agar tidak menyesal di suatu hari nanti. Ucapan terima kasih untuk kenangan yang indah sekaligus menyakitkan pun menjadi penutup dari lagu Dalan Liyane. Chord Waktu yang Salah Fiersa Besari adalah gambaran ketika Anda masih terus mengingat masa lalu, sementara sudah ada cinta yang baru.

News Feed