by

Mengenal Layanan Kredit Tanpa Jaminan Lebih Dalam

Apabila anda saat ini sedang mencari informasi tentang kredit tanpa jaminan maka silahkan simak penjelasan ini sampai selesai. KTA merupakan sebuah produk layanan bank berupa kredit perorangan tanpa membutuhkan jaminan sebagai syarat pengajuan. Kerena berbagai kemudahan dan proses yang cepat membuat layanan ini sering dijadikan solusi bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhannya.

Layanan KTA ini sangat digemari oleh banyak kalangan karena proses pengajuan pinjaman cenderung lebih cepat dan tidak perlu prosedur yang menyulitkan seperti pengecekan aset yang akan dijadikan sebagai jaminan. Pihak bank akan mempertimbangkan kemampuan para calon peminjam apakah mampu melunasi utang atau tidak. Hal ini digunakan sebagai bahan penentu pengajuan anda diterima atau tidak.

Kelebihan dan Kekurangan KTA

Kali ini kita akan membahas kelebihan yang dimiliki produk layanan kredit tanpa jaminan dengan dibandingkan layanan kredit lainnya:

  1. Proses pengajuan kredit lebih cepat dan mudah. Selain itu layanan ini tidak membutuhkan jaminan
  2. Syarat utamanya yaitu dukumen data diri anda
  3. Jumlah pembayaran cicilan disesuaikan dengan hasil kesepakatan dengan pihak bank
  4. Dapat digunakan untuk beragam tujuan
  5. Proses pembayaran lebih mudah

Kekurangan layanan KTA

  1. Limit pinjaman kredit sangat terbatas
  2. Tenor pinjaman kredit sangat pendek bergantung jumlah pinjaman
  3. Peminjam harus memiliki profesi dan penghasilan tetap
  4. Secara umum anda akan diminta untuk membuka rekening baru dengan bank yang terkait
  5. Suku bunga yang ditawarkan lumayan tinggi karena tanpa jaminan apapun
  6. Ada biaya pinalti ketika anda melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo yang disepakati

Mengenal Fakta-Fakta Terkait Kredit Tanpa Jaminan

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kalau kredit tanpa jaminan ini dijadikan pilihan untuk mengatasi kebutuhan keuangan anda. Namun anda harus sudah mempertimbangkan ini secara matang. Sebagai bahan pertimbangan maka kita langsung saja simak fakta tentang KTA :

  1. Tanpa jaminan

Sesuai dengan namanya tentu fakta pertama yaitu layanan ini tidak membutuhkan jaminan untuk proses pengajuan pinjaman. Layanan ini termasuk kredit yang memiliki resiko tinggi karena tidak ada jaminan mengenai pinjaman yang diberikan.

  1. Plafon pinjaman tidak bisa besar

Mengingat resiko pinjaman tanpa jaminan lebih besar maka pihak nilai pinjaman yang diberikan juga tidak besar. Hal ini dilakukan demi meminimalisir kerugian yang mungkin akan terjadi.

  1. Bunga cenderung tinggi

Seiring tidak adanya jaminan maka cara untuk meminimalisir resiko layanan ini memberikan suku bunga yang tinggi. Setiap bank berbeda-beda dalam memberikan besaran bunga mulai dari 10% sampai 23 %. Biaya bunga ini akan diperhitungkan sesuai jumlah pinjaman yang disetujui.

  1. Masa tenor lebih pendek

Masa tenor yang diberikan layanan in cenderung lebih pendek, apabila dibandingkan dengan layanan lainnya. Masa tenor layanan ini maksimal 5 tahun.

  1. Dana dapat digunakan sesuai kebutuhan

Dana pinjaman KTA ini biasanya digunakan untuk kebutuhan konsumtif seperti membangun rumah, acara pernikahan, modal usaha dan pengobatan.

  1. Tidak boleh telat bayar cicilan

Perlu anda perhatikan ketika memiliki tanggungan KTA. Apabila anda terlambat dalam membayar cicilan maka anda bisa dibebankan biaya keterlambatan. Besar biaya keterlambatan ini bervariasi bergantung waktu keterlambatan. Anda juga akan dikenakan denda apabila anda memilih untuk melunasi pinjaman lebih cepat.

Demikianlah penjelasan mengenai fakta dari kredit tanpa jaminan. Semoga penjelasan ini dapat menambah pengetahuan anda  dalam mengajukan pinjaman. Apabila anda masih ragu memilih layanan pinjaman yang terbaik maka silahkan memilih layanan kredit dari Tunaiku. Layanan ini sudah berbadan hukun dan ada di pengawasan OJK sehingga prosesnya lebih mudah, aman, dan terpercaya. Anda bisa download aplikasi Tunaiku disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tunaikumobile.app.

News Feed