by

Mengetahui Jenis Beton Readymix Beserta Mutunya

-Bisnis-20 views

Dalam konstruksi bangunan, beton menjadi salah satu komponen yang penting. Beton merupakan bahan bangunan olahan yang terbuat dari agregat dan semen. Umumnya, jenis beton yang paling umum dijumpai adalah beton semen Portland yang tersusun dari kerikil, pasir, semen dan air.

Formulasi jumlah bahan beton yang tidak ada patokannya membuat kualitas konstruksi berbeda-beda kondisinya. Karena itulah mulai muncul beton readymix yang telah diformulasikan khusus di pabrik sehingga kualitasnya bisa terkontrol. Hal ini akan membuat konstruksi bangunan yang kuat, tahan lama, dan memiliki estetika.

Jenis-jenis Mutu Beton Readymix

Mutu beton readymix merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan klasifikasi penggunaan beton. Sebutan ini merujuk pada seberapa besar kekuatan tekan luas bidang permukaan. Karena itu, mutu beton tidak menentukan kualitasnya baik atau tidak, tetapi lebih kepada beton tersebut digunakan untuk apa.

Pengujian mutu beton dilakukan saat beton berumur 7, 14, 21, 28 hari. Pengambilan sampel uji beton menggunakan alat berbentuk kubus atau silinder yang diambil dalam kondisi beton masih segar. Ada istilah-istilah yang digunakan untuk mutu beton readymix. Yaitu huruf K atau karakteristik (kg/cm2). Selain itu juga ada fc’ atau Mpa. Berikut jenis-jenis beton readymix yang harus diketahui.

1. Mutu beton dengan karakteristik (K)

mutu beton ini merupakan mutu beton yang didasarkan pada kekuatan tekan karakteristik. Misalnya, beton mutu K-225 artinya beton tersebut memiliki kekuatan tekan karakteristik yang diuji coba dengan kubus berukuran 15x15x15 cm2 sebesar 225 kg/cm2 pada umur simpan 28 hari. Uji ini mengacu pada standar Eropa lama PBI 1971.

2. Mutu beton fc’

Mutu beton ini dinyatakan dalam fc’ dengan satuan Mpa. Uji coba pada mutu beton ini merujuk pada standar SNI 03-2847-2002 yang sesuai dengan ketentuan ACI (American Concrete Institute), 1 Mpa = 10 Kg/cm2. Misalnya beton dengan mutu fc’25 artinya beton tersebut memiliki kekuatan minimum sebesar 25 Mpa pada usia 28 hari. Alat uji yang digunakan memiliki ukuran yang berbeda dengan mutu beton K. mutu beton fc’ memakai silinder beton berdiameter 15 cm dengan tinggi 30cm.

Dari mutu beton yang berbeda istilah tersebut, tetap ada cara untuk membandingkannya. Pahami konversi berdasarkan kuat tekan alat uji.

  1. Kubus 15x15x15 cm = 1,00
  2. Kubus 20x20x20 cm = 0,95
  3. Silinder 15×30 cm = 0,83

Jika terdapat mutu beton fc’22 Mpa dengan benda uji silinder, maka sama dengan mutu beton K benda uji kubus 15x15x15) berapa? Kuat tekan = 22Mpa = 220 kg/cm2. 220 kg/cm2 : 0,83 = 265.06 kg/cm2 ~ K250

Perbedaan mutu beton readymix ini tidak semata-mata untuk pengetahuan saja, tetapi juga didasarkan pada fungsinya. Berikut penggunaan mutu beton readymix yang wajib diketahui.

  1. Readymix B0, digunakan sebagai pengeras struktur tanah yang akan dilakukan pengecoran.
  2. Readymix K125, K175, K 200, digunakan pada nonstruktural seperti jalanan kecil, jalan sempit dan jalan lingkungan.
  3. Ready mix K 225, K250, K 275, K 300, digunakan untuk structural seperti dak lantai 2, 3, 4, 5, ruko, sekolahan, dsb.
  4. Readymix K 350, K 375, K 400, digunakan untuk konstruksi non struktural seperti jalan provinsi, jalan Negara, tol, bandara, dan sebagainya.
  5. Readymix K 450 dan K 500 digunakan untuk konstruksi non struktural yang membutuhkan tonase besar seperti lapangan alat berat, kawasan industri, dan lainnya.

Keunggulan SCG Beton Instan

SCG Beton Instan merupakan produk beton readymix yang dibuat dari bahan baku berkualitas, yakni semen Portland, pasir, aditif, dan split. Formulasi ini membentuk bahan konstruksi yang kokoh dan memiliki konsistensi yang tinggi.

SCG Beton Instan diciptakan untuk meminimalisir limbah bangunan yang disebabkan sisa bahan bangunan. Produk ini memberikan solusi volume penggunaan yang lebih hemat karena hanya perlu menggunakan satu produk saja. Harapannya, hal ini akan berdampak baik pada lingkungan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang SCG beton readymix instan, Anda bisa mengunjungi website www.scgcbm.id/, Website ini akan memberitahu Anda seputar produk SCG yang berkualitas. Hal ini bisa memberikan pandangan saat Anda ingin membangun hunian yang nyaman dan tahan lama.