by

Pengertian Dari Festival Makam Qingming di Indonesia

-Berita-58 views

Pada umumnya festival Qingming jatuh pada tanggal 4 atau 5 april, Qingming menjadi perayaan ke 2 tionghoa setelah adanya festival imlek. Setiap tahun festival Qingming atau cheng beng yang jatuh tanggal 4 atau 5 april ini diperingkati selama 3 hari berturut-turut di tiongkok dan menjadi hari libur nasional.

Festival Qingming ini menjadi ritual tahunan oleh etnis tionghoa untuk bersembahyang dan juga berziarah makam leluhur. Festival umum ini untuk etnis tionghoa dari pemeluk agama budha dan konghucu dari semua suku. Festival ini juga diketahui dengan nama lain seperti hari semua arwah, festival bersih terang, hari menyapu kuburan, hari peringatan musim semi, dan festival ziarah kuburan.

Festival Makam

Ada beberapa hal tentang festival Qingming yang dapat anda ketahui yang berkaitan dengan festival makam. Festival Qingming ini dilakukan untuk mengingat dan menghormati nenek moyang.

Berikut hal tentang fesital Qingming, yaitu:

Fakta tentang festival qingming atau cheng beng

Bahasa mandarin Qingming jie atau hari ziarah kubur dan saoumu atau menyapu makam. Dilakukan pada tanggal 4 atau 5 april pada awal cheng beng, perayaan ke 2 setelah imlek. Makna dari perayaan ini sebagai puncak hari penghormatan atau persembahyangan kepada leluhur. Untuk kegiatannya yaitu membersihkan makam, mempersembahkan sajian yang beruapa minuman, makanan, buah-buahan serta manisan sebagai tanda bakti. Sejarah ini sudah ada lebih dari 2.500 tahun.

Hari persembahyangan leluhur terpenting

Festival Qingming atau cheng beng ini merupakan perayaan tradisional yang ada di tiongkok dan menjadi hari persembahyangan yang paling utama untuk sebagian besar masyarakat tionghoa dan membersihkan makam dan untuk mengenang para leluhurnya. Pada tahun 2006 tepatnya 20 mei festival Qingming masuk daftar perayaan warisan budaya nasional.

Cara masyarakat tionghoa merayakan festival Qingming atau chengbeng

Perayaan ini menjadi perpaduan yang baik antara penghormatan dan juga kegembiraan melalui adat istiadat yaitu dengan membersihkan makam menjadi tradisi yang penting dalam festival Qingming. Selanjutnya dengan meletakkan dahan daun pada pagar dan pintu depan rumah. Melakukan perjalanan pada musim semi untuk menikmati keindahan mekarnya musim semi. Dan menerbangkan laying-layang menjadi bagian tradisi penting.

Hidangan festival Qingming

Untuk hidangan pada saat festival Qingming yaitu bola pangsit hijau manis, kue Qingming, dan hidangan cheng beng lainnya seperti bubur persik dan siput cheng beng.

Awal mula festival Qingming

Festival Qingming ini awal mulanya dari dinasti zhou yang sudah memiliki sejarah selama lebih dari 2.500 tahun. Pada tahun 732 m, kaisar xuanzong dari dinasti tang mendeklarasikan penghormatan secara resmi hanya diberikan pada makam leluhur pada saat hari pertama Qingming.

Perayaan festival Qingming

Festival Qingming menjadi hari libur nasional di tiongkok dan sebagian besar memanfaatkan liburan selama tiga hari dengan melakukan perjalanan bepergian, dan perayaan festival Qingming sebagian besar atraksi akan menjadi sangat ramai dan tiket transportasi umum yang murah.

Istilah selama festival Qingming

Qingming jie yaitu festival Qingming atau cheng beng, sao mu yaitu menyapu membersihkan makam, ji zu yaitu penyembahan kepada leluhur, zhi qian yaitu kertas emas yang dibuat mirip uang dan dibakar sebagai tanda penyembahan kepada yang sudah meninggal, shao xiang yaitu membakar dupa atau hio.

Bagi anda yang belum mengetahui festival makam dari tiongkok yaitu festival Qingming, mungkin beberapa penjelasan diatas dapat menambah wawasan anda tentang festival makam. Dan mungkin biasanya ada di pemakaman san diego hills.