by

Perbedaan aplikasi TikTok Reguler dan TikTok Lite, pahami sebelum download

TikTok merupakan salah satu aplikasi media sosial yang sedang populer saat ini. Konten yang tersedia dalam aplikasi ini memiliki beragam jenis, mulai dari konten memasak, informasi umum, quotes yang bermanfaat, dan lain sebagainya.

Sekarang ini bahkan sudah banyak orang yang menggunakan TikTok sebagai salah satu sumber cuan mereka. Beberapa video berisi konten yang terselipkan barang dagangan yang dijual. Selain itu, pada aplikasi ini juga tersedia fitur live streaming yang dapat digunakan untuk mempromosikan barang dagangan yang dimiliki seseorang.

TikTok sendiri tidak hanya ada satu aplikasi namun ada juga versi Lite yang dapat kamu pilih sebagai alternatif lain. TikTok dan TikTok Lite memiliki beda tiktok reguler dan lite yang mendasar yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakannya.

1. Ukuran aplikasi.

Perbedaan antara TikTok dan TikTok Lite yang paling kentara adalah ukuran dari masing-masing aplikasi. TikTok Lite memiliki ukuran aplikasi yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan TikTok versi reguler.

Pada saat kamu menginstal aplikasi TikTok Lite di perangkat kamu, aplikasi ini hanya memerlukan 21 MB untuk men-download-nya di Play Store. Setelah terpasang pada perangkat kamu, ukuran aplikasi TikTok Lite akan bertambah hingga 182 MB atau lebih. Sedangkan pada aplikasi TikTok reguler, ketika kamu men-download-nya di Play Store, ukuran aplikasi ini mencapai 76 MB dan akan bertambah hingga 300 MB atau lebih.

Tentu saja perbedaan ukuran dari kedua aplikasi ini tidak hanya memengaruhi penyimpanan perangkat yang kamu miliki, namun juga memengaruhi kapasitas RAM pada perangkat kamu. Semakin berat dan besar aplikasi yang dibuka, maka kinerja dari sebuah perangkat akan semakin berat.

Akan lebih cocok bagi kamu untuk menginstal aplikasi TikTok Lite jika perangkat yang kamu miliki mempunyai spesifikasi yang kurang tinggi.

2. Durasi video.

Perbedaan lainnya antara TikTok dan TikTok Lite ada pada durasi video yang dapat kamu buat. Pada aplikasi TikTok reguler, kamu dapat membuat video dengan durasi 15 detik, 60 detik, dan 3 menit yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan konten yang akan kamu buat.

Sedangkan pada aplikasi TikTok Lite, hanya ada dua opsi waktu yang disediakan yaitu 15 detik dan 60 detik. Perbedaan durasi kedua aplikasi ini tentunya akan sangat memengaruhi video yang akan kamu buat. Jika kamu memiliki video dengan durasi lebih dari 1 menit, kamu dapat mengunggahnya secara langsung menggunakan TikTok reguler. Namun jika kamu menggunakan TikTok Lite, kamu perlu mengunggahnya dalam beberapa part.

Secara penggunaaan mungkin lebih efisien TikTok reguler dibandingkan TikTok Lite. Namun tujuan dari pemangkasan waktu yang tersedia memiliki tujuan selain meringankan kinerja perangkat kamu, juga menghemat kuota internet yang diperlukan untuk mengunggah suatu video.

3. User interface.

Tampilan antarmuka pada kedua aplikasi ini juga memiliki perbedaan yang dapat kamu lihat ketika menggunakan aplikasi TikTok dan TikTok Lite. Pada aplikasi TikTok versi reguler, font yang ditampilkan cenderung lebih tebal dari pada TikTok Lite.

Perbedaan ini menjadikan aplikasi TikTok Lite terkesan lebih ringan dan simple karena ukuran dan jenis font yang berbeda dengan TikTok reguler. Selain itu, pada tampilan TikTok Lite tidak tersedia kolom pencarian pada sudut kanan atas seperti pada aplikasi TikTok reguler.

Tidak hanya itu, TikTok Lite juga tidak memiliki ikon live seperti TikTok reguler yang tersedia pada pojok kiri atas.

4. Fitur.

Dari segi fitur, tentu saja TikTok reguler lebih unggul dibandingkan TikTok Lite. Beberapa fitur keamanan yang terdapat di TikTok regular, tidak tersedia pada aplikasi TikTok Lite.

Fitur Block List, Digital Wellbeing, Live Photo, Wallet, React, dan Duet tidak tersedia pada aplikasi TikTok Lite. Fitur yang tersedia pada aplikasi TikTok Lite hanya terdapat fitur memblokir orang lain, mode akun privat, dan mengizinkan orang atau akun tertentu mencari profil kamu.

Selain fitur keamanan, TikTok reguler juga memiliki beberapa fitur lain yang tidak terdapat pada TikTok Lite. Fitur pencarian pada halaman awal atau For You Page(FYP) tidak tersedia kolom pencarian pada sudut kanan atas.

Selain itu, TikTok Lite juga tidak bisa kamu gunakan untuk live streaming karena aplikasi ini tidak mendukung fitur tersebut. Pengurangan fitur pada aplikasi TikTok Lite dilakukan bukan tanpa tujuan, melainkan untuk menghemat ukuran dari aplikasi ini agar pengguna dengan perangkat yang memiliki spesifikasi kurang tinggi dapat menjalankan aplikasi TikTok Lite dengan lancar.

News Feed