by

Tanya Dokter Tentang Haid: Hindari Kebiasaan Berikut Saat Haid

Menstruasi atau haid pada wanita merupakan hal yang normal terjadi saat ia menginjak usia dewasa hingga terjadi menopause. Haid adalah proses luruhnya dinding rahim yang menandai tidak terjadinya pembuahan. Haid terjadi satu kali dalam satu siklus menstruasi yang umumnya memiliki rentang antara 25 hingga 32 hari. Meski haid ditandai dengan keluarnya darah dari vagina, namun banyak kondisi dimana darah yang keluar dari vagina bukan disebabkan oleh haid namun karena penyakit tertentu. Untuk masalah kesehatan seputar organ reproduksi wanita Anda bisa tanya dokter tentang haid atau organ reproduksi dengan lebih lengkap. Namun untuk menjaga agar haid Anda tetap sehat dan tak menimbulkan masalah kesehatan lainnya, berikut ini adalah kebiasaan buruk yang harus Anda hindari saat haid:

  • Jarang mengganti pembalut.

Saat menstruasi tentu wanita akan menggunakan pembalut untuk menyerap darah yang dikeluarkan. Seharusnya dalam satu hari wanita harus sering mengganti pembalut setidaknya 3 kali. Namun banyak wanita bahkan hanya mengganti pembalutnya satu hari sekali padahal kumpulan darah yang diserap dapat menjadi sarang bakteri dan jamur yang nantinya akan menjadi sumber penyakit. Vagina akan menjadi gatal, iritasi bahkan mengeluarkan bau tak sedap.

  • Minum soda dan kopi terlalu banyak.

Saat menstruasi otot rahim akan berkontraksi untuk meluruhkan dinding rahim. Jika wanita terlalu banyak mengkonsumsi soda dan kopi yang mengandung cafein, maka akan semakin menambah daya kontraksi otot rahim. Akibatnya, rasa sakit perut akibat menstruasi akan semakin hebat. Cafein juga dapat meningkatkan denyut jantung dan menimbulkan kecemasan.

  • Salah membersihkan vagina.

Membersihkan vagina dilakukan setelah buang air atau saat mengganti pembalut. Cara yang benar adalah dengan mengguyurnya terlebih dahulu hingga darah tak ada yang menempel di vagina. Lalu bersihkan vagina dari depan ke belakang menggunakan air atau tissue non parfum. Jangan sampai salah membersihkan dari belakang ke depan karena dapat berakibat membawa kuman atau bakteri dari anus ke vagina Anda.

  • Menggunakan sabun pembersih.

Meski banyak cairan pembersih atau sabun yang digunakan untuk membersihkan vagina, namun sebaiknya Anda tak memakainya saat masih menstruasi. Gunakan saja air mengalir dan tisu higienis untuk membersihkan. Sabun atau cairan pembersih mengandung bahan kimia pembersih atau bahan pengawet yang tidak dianjurkan untuk dipakai di organ kewanitaan.

  • Berhubungan seksual.

Bahkan dalam agama hal ini sangat dilarang. Berhubungan seksual saat menstruasi akan meningkatkan resiko kuman dan bakteri yang ada di vagina masuk ke dalam rahim. Jika hal tersebut terjadi besar resiko Anda akan mengalami penyakit yang lebih serius hingga kanker serviks dan kanker rahim. Selain dilarang berhubungan seksual saat menstruasi juga dilarang berhubungan saat wanita sedang berada di masa nifas.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus Anda hindari saat berada di masa menstruasi agar tak mengakibatkan gangguan kesehatan. Jika saat menstruasi Anda merasa sakit atau ada gejala lain yang tidak normal, Anda bisa langsung tanya dokter tentang haid di aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc dapat Anda download dari Play Store dan instal ke dalam smartphone untuk menjadi dokter pribadi yang dapat memberikan informasi bermanfaat seputar kesehatan. Di Halodoc ada banyak dokter dari berbagai pilihan spesialis yang siap membantu Anda baik melalui chat, voice call hingga video call. Manfaatkan sebaiknya fitur ini hanya di Halodoc.

News Feed