by

Tips Ampuh Meningkatkan Motivasi Belajar

Kita semua sadar, bagi manusia, belajar merupakan suatu proses yang tak berkesudahan. Apalagi, bagi anak-anak dan remaja yang tengah menekuni pendidikan. Sayangnya, terkadang tubuh ini terasa malas untuk belajar karena kehilangan semangat.

Inilah masalahnya, pelajar sekarang cenderung malas untuk belajar dan memilih untuk melakukan aktifitas lain yang menurut mereka lebih menarik, misalnya seperti bermain game online dan bermain sosial media.

Ada beberapa penyebab mengapa  remaja yang malas belajar, misalnya ada yang merasa lelah terhadap pelajaran karena nilainya anjlok terus, ada yang tidak memiliki motivasi belajar, dan ada pula yang susah untuk berkonsentrasi ketika disuruh belajar.

Apabila kamu sedang merasakan kehilangan motivasi belajar, tak ada salahnya kamu membaca lebih jauh mengenai artikel ini. Sebab, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan motivasi belajar mu, sehinga proses belajar menjadi menyenangkan dan perlahan-lahan kita bisa menyukainya.

Buatlah Agenda Belajar

Salah satu hal penting jika kamu ingin meningkatkan motivasi belajar adalah dengan membuat perencanaan yang jelas. Jika kamu belajar tanpa tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, maka kamu akan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang kurang penting, fokusmu menjadi teralihkan dan kamu bisa kewalahan.

Senangilah Apa yang Kamu Pelajari

Tips lain yang dapat kamu terapkan untuk menambah motivasi belajar adalah dengan menyukai apa yang akan kamu pelajari. Sebab, terkadang kita tidak menyukai apa yang kita pelajari sekarang. Rubahlah sudut pandangmu mengenai hal itu, lalu lihatlah dari sisi yang berbeda tentang apa yang kamu pelajari, barangkali itu akan bermanfaat di masa mendatang.

Dengan memahami manfaat dan bagaimana kondisi kita sekarang, kita akan merasa termotivasi bahwa yang kita lakukan bukanlah hal yang sia-sia.

Pahamilah Bagaimana Gaya Belajar Kamu

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Dan setiap metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut beberapa kiat mengenai gaya belajar:

Gunakanlah Fasilitas Pendukung

Memberdayakan fasilitas atau sumber daya juga merupakan faktor penting untuk meningkatkan motivasi belajar kamu. Misalnya, kamu bisa mengambil les tambahan untuk menunjang motivasi belajarmu. Apalagi untuk saat ini, menemukan bimbingan belajar tidak lah sulit. Kamu hanya perlu mencari di internet bimbel mana yang terbaik dan sesuai dengan cara belajarmu.

Salah satu bimbel online yang bisa kamu pilih adalah RuangGuru. Sebab, RuangGuru memiliki banyak kelebihan dibanding bimbel lain pada umunya. Misalnya, RuangGuru mempunyai metode belajar terbaru yang kekinian karena menggunakan gadget.

Selain itu, karena hadir dalam bentuk aplikasi dan bisa di-download, jadi kamu bisa belajar dengan fleksibel, di mana saja dan kapan saja. Jadi, kamu bisa memilih tempat yang nyaman dan kamu sukai. Dengan hal tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar.